Selasa, 25 April 2023

STATUS PERENJAK JAWA (PRINIA FAMILIARIS) DI SULAWESI

Oleh: Fachry Nur Mallo

Gambar 1Prinia familiaris

Pendahuluan

Prinia familiaris tersebar terbatas; endemik di Sumatra, Jawa dan Bali. Juga dilaporkan di Kalimantan dan Lombok. Cukup umum di Sumatra dan Bali, tetapi sangat jarang di Jawa (Atlas Burung Indonesia 2020). Laporan di Kalimantan dan Lombok mungkin introduksi. Di Sulawesi, penulis juga telah menjumpai di beberapa tempat di Lembah Palu, dipastikan introduksi dari luar Sulawesi.

Merupakan penghuni habitat terbuka, pemukiman, rawa dan semak hingga ketinggian 1.500 m. Mencari makan di semak, dahan rendah hingga pucuk pohon. Kadang sambil menegakkan ekor (Atlas Burung Indonesia 2020).

Perjumpaan di lapangan

Di Lembah Palu penulis telah menjumpai Prinia familiaris di empat tempat terpisah di Kota Palu; pada 25 Juni 2013 penulis menjumpai sepasang di hutan mangrove pantai Talise (Mallo 2020), pada 4 s/d 9 April 2023 penulis menjumpai di tiga tempat Kelurahan Mamboro dan Kelurahan Mamboro Barat total 14 pasang, yaitu Tanjung Ruru lima pasang, Uwe Gusu empat pasang dan Batu Ganda lima pasang.

Jarak Tanjung Ruru ke lokasi Uwe Gusu kurang lebih 1-2 km. Jarak antara lokasi Uwe Gus uke Batu Ganda kurang lebih 5 km. Jarak terdekat ketiga tempat ini dengan Mangrove pantai Talise sebagai tempat awalnya dijumpainya jenis burung ini yaitu kurang lebih 13 km.       

Tanjung Ruru terletak di pesisir pantai, vegetasinya berupa semak sekunder terbuka, bercampur lahan budidaya. Tumbuhan semak alami didominasi Moma (bahasa lokal), Akasia berduri (Acasia sp.), Calotropis gigantea, Jatropha gossypifolia, Kayulana (bahasa lokal) (Tabernaemontana sp.). Tumbuhan pohon tinggi didominasi Lannea coromandeliana, Tamarindus indica dan Syzigium cumini.  Tanaman budidaya didominasi Musa spp., Zea mays dan Cocos nucifera. Hampir seluruh lahan budidaya ditelantarkan. Lokasi Uwe Gusu berjarak 300 m - 1 km dari pesisir pantai, ketinggian relatif sama dengan pesisir pantai, vegetasi berupa semak sekunder terbuka, bercampur lahan budidaya yang dikelola. Tumbuhan semak alami didominasi Moma (bahasa lokal), Akasia berduri (Acasia sp.,), Kayulana (bahasa local) (Tabernaemontana sp.), terdapat Calotropis gigantea dan Jatropha gossypifolia dalam jumlah sedikit. Tumbuhan pohon tinggi terdiri Lannea coromandeliana, Macaranga spp., Syzigium cumini, Metroxylon sagu. Tanaman budidaya terdiri dari Musa spp., Zea mays, Cocos nucifera, Mangifera spp., dan Senna siamea. Lokasi Batu Ganda mempunyai ketinggian 35 m, vegetasi yang terbentuk di tengah pemukiman, didominasi Jatropha gossypifolia, Kayulana (bahasa local) (Tabernaemontana sp.), tumbuhan pohon tinggi Lannea coromandeliana, Tamarindus indica. Tanaman budidaya terdiri Musa spp., Cocos nucifera, Muntingia calabura, Syzigium spp., Mangifera spp., dan Senna siamea.

Gambar 2. Vegetasi di Lokasi Tanjung Ruru
Gambar 3. Vegetasi di Lokasi Uwe Gusu (atas dan bawah)

Analisa

Sepasang Prinia familiaris teramati di hutan mangrove Pantai Talise mungkin menunjukkan perilaku berbiak. Sangat agresif merespon kedatangan orang. Satu induk di dalam rerimbunan vegetasi, sedangkan satu induk (diduga individu jantan) bertengger di area terbuka di pohon Lannea coromandeliana setinggi 4 m, sambil menunjukkan perilaku agresif kepada penulis. Sedangkan di tiga tempat lain, tidak menunjukkan perilaku berbiak, perilakunya selalu berpasangan aktif mencari makan. Tidak seagresif menghindar seperti pasangan disebutkan pertama.

Gambar 4. Prinia familiaris di hutan mangrove pesisir Pantai Talise

Walaupun hasil pengamatan pertama sepasang burung ini mungkin menunjukkan perilaku berbiak, yang merupakan salah satu indikator burung penetap, tetapi penulis belum yakin burung ini sudah termasuk jenis burung penetap di Sulawesi, karena masih membutuhkan pengamatan lebih lanjut menemukan individu lain.  Maka perjumpaan 14 pasang di tiga tempat terpisah lain di Lembah Palu dapat menguatkan bukti bahwa burung ini telah menetap di Sulawesi, dan merupakan jenis baru tercatat di Sulawesi.

Gambar 5Prinia familiaris di lokasi Uwe Gusu

Mungkin masih banyak individu lain tersebar di tempat lain belum penulis kunjungi, dengan pertimbangan dalam pengamatan terakhir penulis hanya mengunjungi tiga lokasi tersebut, dan selalu menjumpai burung ini, dan masih banyak tempat di sekitarnya penulis belum kunjungi diduga terdapat populasi burung ini

Dipastikan penyebaran burung ini di Lembah Palu karena diintroduksi. Hal tersebut diindikasikan, sebelum tahun 2013 penulis tidak pernah menjumpai burung ini di Lembah Palu. Introduksi yang terjadi diduga disebabkan peliharaan masyarakat Kota Palu yang terlepas sehingga hidup liar di alam.

Burung ini banyak dijual di beberapa tempat di Kota Palu. Dan karakter masyarakat Kota Palu yang tidak konsisten dan telaten memelihara burung, sehingga banyak burung peliharaan terlepas atau sengaja dilepas karena bosan memelihara.

Ucapan Terima Kasih

Penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu selama penulis melakukan pengumpulan pengamatan dan data. Pertama-tama penulis mengucapkan terima kasih kepada adik penulis Moh. Taat Nur Mallo, telah menemani penulis selama pengamatan di Lembah Palu, dan telah mengizinkan penggunaan foto koleksi pribadinya dalam tulisan ini. Juga Adik penulis Moh. Ihsan Nur Mallo, telah membantu mengedit dan mangupload tulisan ini. Serta semua pihak yang tidak sempat penulis sebutkan namanya satu persatu yang telah membantu sehingga suksesnya penulisan ini.

Daftar Pustaka

Atlas Burung Indonesia (2020). Atlas Burung Indonesia: wujud karya peneliti amatir dalam memetakan burung nusantara. Yayasan Atlas Burung Indonesia. Batu.

del Hoyo, J., & Collar, N.J.  (2016). Illustrated Checklist of the Bird of the World, Volume 1 Non-Passerines. Birdlife International.

Mallo, F.N., (2020). Data Base Burung Sulawesi. Celebes Bird Club (CBC) (Dalam Persiapan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar